Minggu, 06 Februari 2011

Bisnis Laundry Makin Diminati

Kota Solo merupakan kawasan subur untuk dunia usaha. Segala jenis usaha berkembang pesat di kawasan tersebut.
Salah satunya adalah usaha laundry (usaha cuci baju), termasuk laundry kiloan. Target mereka beragam. Ada yang anak kampus dan penduduk sekitarnya, ada juga yang karyawan. Rata-rata dengan ekonomi menengah ke atas.

Misalnya saja Ceria Hariku Laundry yang membuka cabangnya di daerah kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Usaha laundry ini tentu saja berprospek cerah di kawasan itu. Tentu saja pangsa pasarnya mengambil anak-anak kampus.
Darmini, salah satu karyawan mengatakan, usaha tersebut sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Laundry kiloan tersebut merupakan anak cabang dari Ceria Hariku Laundry Baturan. “Tarifnya Rp 2.500 per kg untuk pakaian biasa. Sedangkan untuk spesial Rp 5.000 per kg,” ujarnya, Senin (22/11).
Dikatakannya, mereka menerima orderan laundry sebanyak 100 kilo per harinya. Sedangkan omzetnya per hari rata-rata sebesar Rp300 ribu-Rp 400 ribu. Konsumen yang menjadi pelanggan setia Ceria Hariku biasanya dari kalangan mahasiswa yang kos di wilayah kampus. “Biasanya para mahasiswa malas mencuci sendiri sehingga mereka mencari cara praktis dengan laundry,” imbuh Darmini.
Berbeda dengan Chic Laundry yang memiliki pelanggan para karyawan. Maklum saja laundry yang berada di daerah Penumping itu berdekatan dengan SGM. Dimana daerah itu merupakan kos-kosan para karyawan-karyawati SGM. Laundry yang menawarkan jasa cuci kiloan itu setiap hari menerima sekitar 100-150 kg pakaian.
Tiyan, salah seorang karyawannya mengatakan, selain pakaian, Chic Laundry juga menerima jasa mencuci beragam jenis, mulai dari bed cover, gordyn, selimut, tas, sepatu, dan boneka atau bantal. Tentunya dengan biaya bervariasi. “Kami juga memberikan enam jenis pengharum pakaian,” ujarnya.
Baik Darmini dan Tiyan, proses ordernya hampir sama yakni, pakaian yang dibawa konsumen langsung ditimbang, dihitung jumlahnya, kemudian dicuci, lalu disetrika dan terakhir dikemas serta dikasih pewangi. Selain menerima pakaian kotor, kedua laundry itu juga menerima cucian boneka, karpet, bed cover dan lain sebagainya.

0 komentar:

Bukan Blog © 2008 Por *Templates para Você*